Berbagi kisah dan rasa

Premium Blogger Themes - Starting From $10
#Post Title #Post Title #Post Title

Ujong Blang, pantai kota Lhoskeumawe

Pantai tentunya menjadi salah satu tempat favorit liburan keluarga. Menikmati camilan sambil duduk di pinggir pantai atau bermain air bersama keluarga menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika hal tersebut dilakukan setelah jenuh dan lelah beraktifitas. Pikiran menjadi segar kembali dan tentunya semangat baru pun muncul.

Mengingat nusantara ini memiliki wilayah perairan yang luas, sudah tentu di setiap sudut wilayah Indonesia pasti memiliki pantai. Setiap pantai memiliki keindahan tersendiri. Termasuk salah satu pantai yang terletak di kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Masyarakat sekitar biasa menyebut pantai ini Ujong Blang. Ada yang pernah kesini? Atau baru mendengar namanya?

Sedikit cerita, Pantai Ujong Blang terletak kurang lebih tiga kilometer ke arah utara kota Lhokseumawe, masuk di wilayah kecamatan Banda sakti. Dari pusat kota, kita bisa kesana menggunakan kendaraaan pribadi atau becak motor. Sebelum BBM naik, tarif naik becak motor dari jalan Iskandar Muda menuju Ujong blang sekitar 15.000. Jika naik kendaraan pribadi (sepeda motor), mengisi bensin 10.000  pun cukup untuk sampai kesana.

Dari pusat kota, kita tinggal mengikuti jalan menuju Depo Pertamina dan berbelok ke arah kanan. Terus saja mengikuti jalan lurus ini dan nanti kita akan sampai di bibir pantai. Memasuki wilayah pantai, di sepanjang jalan, anda akan disuguhkan pemandangan para penjual ikan. Bau amis akan tercium cukup menyengat. Apalagi jika kita berkunjung ke pantai pada sore hari, para nelayan yang baru saja selesai melaut, akan segera menggelar ikan hasil tangkapan untuk dijual di kios-kios seadanya. Mungkin bagi beberapa orang yang tidak terbiasa dengan hal tersebut, akan sedikit terganggu. Tetapi justru hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika kita memang sengaja berniat membeli ikan, pada jam-jam tersebut lah kita akan mendapat harga ikan yang cukup murah.

                            

Keberadaan para nelayan penjual ikan tersebut hanya di sekitar jalan menuju bibir pantai Ujong Blang. Karena pemandangan selanjutnya bukanlah para penjual ikan, melainkan pondok-pondok sederhana beratap rumbia. Yaitu tempat untuk para pedagang menjual makanan. Sekaligus menjadi tempat untuk para wisatawan duduk-duduk sambil menikmati angin pantai. Jika ingin bermain pasir dan berenang, ada ban yang bisa kita sewa. Tetapi jika ingin berenang, tetap harus berhati-hati karena terkadang arusnya kencang.

Di pondok penjual makanan, beberapa  menu murah tersedia. Tetapi yang sering di pesan para wisatawan biasanya Rujak Aceh. Paduan berbagai macam buah dan bumbu kacang yang enak, menambah citarasa rujak ini. Harganya hanya Rp5.000 untuk satu porsi. Berbagai minuman seperti es kepala muda pun hanya Rp7.000 saja. Jika ingin makanan berat, ada berbagai macam mie yang bisa kita pesan.

Namun jika kita ingin menikmati ragam kuliner seafood, di sekita pantai Ujong Blang ada satu rumah makan yang cukup terkenal. Namanya rumah makan Rimbun. Dari luar, bangunan rumah makan tersebut memang terlihat biasa, namun saat masuk kedalam, lumayan nyaman karena kita bisa memilih kursi sesuai dengan yang kita inginkan. Dan tentunya dengan pemandangan yang langsung menghadap laut. Dengan adanya suara deburan ombak dan angin pantai yang segar menambah nikmat susana makan. Tergantung anda para wisatawan, jika ingin makan seafood di Rimbun, sediakan dana yang lumayan. Namun jika dana terbatas, duduk-duduk di pondok sambil menikmati rujak dan es kelapa muda pun sudah cukup.

                           

Tidak ada tarif masuk ke pantai ini. Anda hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Rp2.000 tarifnya. Dan jika hari libur besar, biasanya Rp5.000. Dan pantai ini hanya ramai dari pagi hingga sore hari sebelum waktu maghrib. Karena setelah maghrib, tidak ada aktifitas berdagang lagi dan masyarakat sekitar pun jarang ada yang berkunjung.

Pantai Ujong blang menjadi wisata murah bagi masyarakat sekitar. Hanya satu kekurangan pantai ini, yaitu di sekitar jalan menuju pantai masih terdapat sampah dedaunan yang terbawa angin dan kadang berserakan. Tapi tidak seberapa dibanding dengan kesejukan angin pantai dan pemandangan yang akan kita dapatkan.
Jika anda singgah di kota Lhokseumawe, jangan lupa mampir ke pantai Ujong Blang :D





Leave a Reply

Terimakasih sudah berkunjung. Salam, Lisna ^^